Saturday, August 9, 2008

Stress Sound or Sound of Stress



Foto diatas adalah foto buku dan CD, Cek Lokasi karangan Drs. Arif Budiman, yang berjudul Menentukan lokasi budidaya walet. Jika kita cari di Gramedia atau Toko Gunung Agung, harganya berkisar Rp.38.500. Harga yang relatif murah untuk sebuah buku walet berikut Bonus CD Cek Lokasi.

Akhir-akhir ini, CD Cek Lokasi ini banyak diperjualbelikan di-internet tanpa buku yang menyertainya dengan harga yang "sangat wah" dan diberi sekian macam judul, mulai dari "durexx sound", "stress sound" sampai "7 keliling pusing sound". CD ini bukanlah berisi suara walet stress tetapi suara styrofoam yang digesekkan ke kaca dengan background campuran suara adzan serta suara gerombolan walet yang samar-samar terdengar. Efek dari walet yang mendengar suara seperti ini, walet akan bergerombol dan memutari sumber suara tanpa berani mendekat. Efek seperti ini diperlukan untuk mengambil data seberapa banyak populasi walet dilokasi tersebut. Suara walet yang sedang stress sangatlah berbeda dengan "suara buatan" dari gesekkan "styrofoam".

Banyak cara yang bisa digunakan untuk mendatangkan dan membuat walet bergerombol tapi tidak semua cara bisa diaplikasikan pada rumah walet. Cara-cara yang salah hanya membuat panjang penantian akan keberhasilan sebuah rumah walet. Penggunaan suara yang tepat dan benar pada rumah walet adalah suatu keharusan. Pada langkah awal mungkin kita hanya memikirkan bagaimana cara agar kita mempromosikan sebanyak-banyaknya pada walet dipersekitaran rumah walet kita agar terpancing datang, berani masuk serta menjelajah kesemua nesting room. Tahapan selanjutnya kita memikirkan bagaimana walet yang telah terpancing masuk untuk tinggal, inap dan bersarang dan tahap selanjutnya kita memikirkan bagaimana walet-walet tersebut mempunyai ikatan yang kuat terhadap koloninya dan membina populasi sebanyak-banyaknya disana.

No comments: