Tuesday, August 5, 2008

Blog Walet

Ada 3 Blog yang membahas tentang walet yang menarik perhatian saya dari sekian blog walet di net. Ketiga Blog ini dibuat oleh blogger asal Malaysia. Terlepas dari apa maksud dan tujuan mereka dibalik sebuah blog, yang jelas mereka begitu antusias menuangkan semua yang mereka tahu tentang walet. Beberapa tulisan atau tips-tips mereka ada yang bermanfaat dan bisa dipraktekkan di rumah walet kita.

Kenyataannya Indonesia sebagai pelopor dan produsen terbesar dalam industri sarang walet malah masih serba tertutup. Itu bagus atau tidak? Bisa iya bisa tidak. Seperti yang kita ketahui rumah walet di Indonesia terus menjamur sedangkan populasi walet sepertinya stagnan bahkan disatu tempat makin hari makin merosot karena walet pada migrasi kedaerah yang pakannya lebih terjamin. Bisa jadi dengan kita mempublikasikan segala hal tentang walet, orang-orang mulai berpikir dua kali buat dirikan rumah walet baru. Tapi bisa jadi yang terjadi malah sebaliknya.

Nah dari cerita diatas, kalo kita ikut-ikutan publikasi, siapa yang diuntungkan dan siapa yang dirugikan? Yang jelas dengan kondisi saat ini, konsultan walet lah yang paling diuntungkan. Lalu bagaimana? Kita publikasi atau tidak?
Wah, ngga usah pusing. Kan udah dijawab tadi. Konsultan yang paling untung saat ini.
Karena itu, marilah kita rame-ramein bursa konsultan daripada nungguin rumah walet tahunan yang isinya kecoa. Betul ngga?
Targetnya siapa?
Malaysia dan Thailand dong!!!
Kok ngga di Indonesia?
Indonesia sih jago ngecap doang...
Masa jeruk makan jeruk...kwakakaka...
Jadi publikasi pa tidak?
Wah bego kamu, kalo pengen tenar yah publikasi dong...
Gitu aja kok repot...

No comments: