Wednesday, August 13, 2008

Paijo (Part 2)

Selang berapa hari saya menikmati ketenangan karena ngga bersua dengan Paijo, tanpa sengaja saya bertemu dengannya di simpang empat sore tadi. Inilah percakapan singkat, diantara kami:

Paijo : Mas, walah mas...mas!!!...mati saya!!!...

Saya : Kenapa Jo? Siapa yang mati?

Paijo : Saya dapet klien, mas...

Saya : Klien apa?

Paijo : Kliennnn...pemilik rumah walet...lah...

Saya : Yah bagus dong, sukses kalo gitu...

Paijo : Ini klien pertama saya, mas...

Saya : Selamat deh...

Paijo : Mas, dia punya rumah walet 8 biji, mas...

Saya : bagus...Lalu kenapa???

Paijo : delapan delapannya, sukses semua mas...

Saya : hehehehehe.... So??? Kenapa dia mo pake kamu?

Paijo : Katanya minta tolong, susah hatinya, satu rumah walet dia yang paling dikit sarangnya, kembangnya lama...

Saya : Yah urus aja...kenapa disia-siakan...kamu kan selon...

Paijo : ini yang saya pusingkan mas, rumah walet yang dikasih saya tangani itu, katanya kan paling dikit sarangnya...eh pas saya masuk...dah ribuan sarang mas...mati saya...gimana yang rumah waletnya yang banyak mas...mana saya baru kali ini lagi, masuk rumah walet yang ribuan...pusing saya....didalam tadi!!!...sampe ngences saya liat sarangnya...dan katanya lagi nih, ini rumah walet yang kenaikannya paling jelek dibanding rumah waletnya yang lain...

Saya : jeleknya gimana?

Paijo : katanya tiap tahun rumah walet dia yang disuruh saya tangani ini, kenaikkan sarangnya paling nambah 100 persen aja per tahun, sedangkan 7 rumah waletnya yang lain bisa 400 persen lebih. Apa ga mati saya mas...mana klien pertama lagi...gimana nih mas...kek gitu dibilang jelek ama dia??? rumah walet mertua aja, dari 20an sarang naik jadi 30 aja per tahun dah bersyukur mertua saya...

Saya : kamu kan selon...hajar aja...mumpung rejeki didepan hidung...

Paijo : Hajar gimana...ntar sarangnya berkurang, saya yang dihajar...!!!

Saya : Gampang Jo...

Paijo : Gampang gimana?? Bilang dong mas, bantu saya dong...

Saya : Kalo ga berhasil, kamu bilang aja faktor "O"

Paijo : Apa tuh mas, faktor "O"

Saya : Gini loh, kalo ternyata ga berhasil bilang aja, O0h...Pak maaf.....gitu loh...

Paijo : O...o...o..gimana sih mas...bisa benjol saya...kalo waletnya berkurang...atau saya bilang aja yah, kalo ga berhasil: Pak, populasinya ga dukung...Pak, bumi ngalami pemanasan global...dah wajar pak, susah naiknya...

Saya : Tuh...kamu tauuu...Jo...JO...panjang akal mu...

Paijo : Sapa duluu....PaijooOOOO....Yah udah mas...saya cao dulu yah...saya temui tuh si bos walet...ambil de-pe....

(WrekKk...mo muntah saya.......)

....apa yang terjadi selanjutnya...??? (kita tunggu di Paijo Part3)

No comments: